Kenapa Istri Tidak Bisa Masak Meski Sudah Lama Menikah

Sebuah permasalahan yang kami rasa cukup janggal terjadi dalam sebuah rumah tangga adalah istri yang tidak bisa masak. Hal ini menurut kami merupakan sebuah kondisi yang lucu dan menarik untuk dibahas dikarenakan akan menjadi sebuah pembahasan umum jika kondisi ini suatu hari nanti menjadi sebuah kondisi yang umum ditemui di kalangan masyarakat Indonesia.

Sebelum melanjutkan, kami ingin menggarisbawahi dua kalimat yang hampir sama namun memiliki perbedaan yang sangat jelas, yakni TIDAK BISA dan BELUM BISA.

Para suami biasanya menganggap istrinya tidak bisa masak ketika mengetahui bahwa masakan istrinya tidak seenak masakan ibu sang suami, ini yang perlu digaris bawahi. Sebab kondisi ini tidak bisa diartikan sebagai "kenapa istri saya tidak bisa masak", melainkan "kenapa istri saya belum bisa masak".

Sebagai seorang suami, anda harus bisa membedakan sekaligus jangan menggeneralisasi sebuah kalimat hanya karena kenyataan belum sesuai dengan yang anda harapkan.
Kenapa Istri Tidak Bisa Masak Meskipun Sudah Punya Anak
Seorang perempuan yang berasal dari keluarga berkecukupan biasanya belum memiliki keterampilan memasak karena beberapa hal berikut ini.
  • Terbiasa mengkonsumsi masakan ibunya
  • Terbiasa memakan makanan yang dimasak oleh asisten rumah tangga
  • Terbiasa memesan dan membeli makanan instan dari food court
  • Terbiasa makan di restoran
  • Terlalu memprioritaskan dan mementingkan kesibukannya sendiri di atas kewajibannya sebagai ibu rumah tangga
Menurut sudut pandang kami. Dimanapun wanita berada tidak akan bisa dilepaskan dari naluri keibuannya. Dan naluri keibuan tersebut bukan hanya tentang cara mengurus anak, melainkan dalam urusan memasak. Jadi akan menjadi sebuah hal yang aneh jika seorang istri tidak bisa memasak sementara di masa kecilnya identik dengan permainan memasak.

Untuk anda seorang suami yang kebetulan menemukan masakan istrinya terlalu manis, asin, pedas atau gurih. Jangan terburu-buru memvonis istri anda 'tidak bisa memasak', tetapi akan lebih baik dengan memberikan pujian kepada istri anda mengenai masakannya. Percayalah bahwa pujian dan sikap romantis anda akan membuat rasa masakan apapun yang dibuat oleh istri anda terasa sangat enak. Trust me, based on true story.

Sikap manis, bijaksana dan romantis anda sebagai suami dalam menilai masakan seorang istri akan menciptakan kehangatan, kebahagiaan dan kasih sayang yang terbawa ke dalam citarasa makanan itu sendiri ketika mengkonsumsinya. Ingat juga semasa pacaran bahwa kue yang gosong juga akan terasa manis ketika disajikan dengan senyuman manis, tatapan sendu, suara merdu dan ketulusan hati.

"Enak sekali kuenya sayang", (sambil memaksakan menelannya). Bukankah itu yang anda lakukan ketika masih pacaran? Kenapa tidak melakukannya saat sudah berumah tangga juga?

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu istri anda supaya menjadi seorang koki handal di rumah :

1. Libatkan Diri Ketika Istri Anda Memasak

Salah satu momen yang paling indah ketika pacaran atau berumah tangga adalah memasak bersama pasangan di dapur.

Membantu mempersiapkan bahan makanan, bumbu, peralatan masak dan terlibat dalam pengolahannya akan membantu istri anda menjadi seorang istri yang pandai memasak makanan yang sesuai menurut selera anda berdua.

Jika di masa awal pernikahan masakan yang dimasak istri anda lebih cenderung sesuai dengan lidahnya, maka keterlibatan anda dalam aktivitas memasak bersama istri anda akan mewujudkan terciptanya aroma dan citarasa masakan yang cocok untuk lidah anda berdua.

Selain bisa menciptakan citarasa masakan yang sesuai untuk anda berdua, tentunya aktivitas memasak bareng ini akan menciptakan keharmonisan serta keromantisan. Siapa sih pasangan suami istri yang tidak ingin memasak sop ayam sambil berpelukan ? Atau siapa juga pasangan suami istri yang tidak mempercayai dan mendambakan indahnya membuat sambal bersama di dapur ?

Keterlibatan anda sebagai seorang suami dalam aktivitas memasak bersama istri adalah sebuah momen yang sebaiknya tidak dijadikan sebagai momen memalukan yang akan membuat anda di cap sebagai SUSIS.

Justru sebaliknya aktivitas memasak bersama istri anda akan membuat pasangan manapun menjadi iri melihatnya. Bahkan orangtua dan mertua anda akan merasa teramat bahagia ketika anda benar-benar bisa meleburkan diri dalam berbagai aktivitas dalam rumah tangga.

Selain itu juga aktivitas tersebut akan membantu anda menjadi tahu mengenai beragam kebutuhan yang harus dipenuhi di dapur. Jadilah suami yang pro aktif ketika mengetahui persediaan minyak goreng sudah menipis. Jangan sungkan untuk segera pergi ke pasar atau minimarket untuk belanja kebutuhan dapur bersama istri dan anak-anak anda.

2. Berikan Pujian dan Komentar Yang Positif dan Edukatif

Jangan pernah mencela masakan istri anda. Tetapi sebaliknya berikan pujian dan sanjungan terhadap setiap masakan yang disajikan oleh istri anda. Tindakan tersebut lebih baik daripada mencela makanan hasil kerja keras dan waktu yang sudah diluangkan oleh sang istri.

Komentar dan pujian yang positif dan edukatif akan membuat istri anda lebih semangat serta lebih kreatif untuk membuat masakan lain yang lebih variatif. Dan dari berbagai usaha yang dilakukan oleh istri anda di dapur tersebut suatu saat nanti akan menyuguhkan beragam hidangan yang sangat-sangat membuat anda tersanjung serta tidak sabar ingin mencicipinya.

Demikian pembahasan dari kami mengenai beberapa alasan kenapa istri anda tidak atau belum bisa masak beserta tips untuk mengatasinya. Kami berharap banyak anda mendapatkan tambahan wawasan, pengalaman, pengetahuan, ide dan inspirasi dari artikel yang kami tulis kali ini.

Akhir kata sebagai penutup perjumpaan kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.