Kenapa Istri Tidak Peduli atau Tidak Perhatian Kepada Suami

Ada banyak alasan yang menyebabkan sebuah rumah tangga menjadi tidak harmonis, salah satunya sangat mungkin disebabkan sikap istri yang tidak lagi peduli kepada suami. Bentuk kepedulian disini bisa berupa tidak peduli terhadap pakaian suami yang kotor, tidak peduli dengan makanan yang seharusnya disantap oleh suami, termasuk tidak mempedulikan kebutuhan suami terhadap nafkah bathin.

Ketidakpedulian istri tersebut bisa terjadi karena banyaknya hal yang melatarbelakangi, baik itu faktor internal maupun eksternal. Dan sebagai suami, anda disarankan untuk selalu mengetahui sekaligus mempersiapkan solusi yang tepat untuk mengantisipasi beragam faktor penyebab yang kami sebutkan sebelumnya.
Berikut ini adalah beberapa penyebab yang seringkali menjadi benang merah sikap istri menjadi tidak peduli kepada suaminya :

1. Suami Kurang Peka Terhadap Istri dan Rumah Tangga

Jika seorang suami kurang peka dalam menghadapi istri, biasanya istri juga akan bersikap sama. Tindakan istri menjadi tidak peduli dikarenakan kurangnya kepekaan seorang suami bukanlah sebuah tindakan balas dendam, melainkan sang istri sedang mencoba memberikan waktu luang kepada sang suami untuk berpikir dan mengetahui apa yang diinginkan olehnya.

Kondisi seperti ini sebenarnya merupakan sebuah kondisi yang sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. Akan lebih baik jika istri juga bersikap terbuka, sebab sang suami belum tentu bisa memahami jika dibiarkan atau tidak dipedulikan. Justru sebaliknya sikap cuek istri seperti itu bisa menjadi bibit permasalahan dalam rumah tangga.

Alasan lain kenapa keterbukaan diperlukan dalam hubungan rumah tangga sebab keterbukaan adalah sebuah gerbang supaya masing-masing pihak (suami dan istri) bisa lebih cepat dan lebih mudah memahami apa yang menjadi keinginan masing-masing.

2. Suami Sering Mengabaikan Istri

Jika anda adalah seorang suami yang termasuk sering mengabaikan istri, mulai hari ini segeralah berubah. Sebab istri anda bukanlah pajangan atau patung yang tidak memiliki perasaan.

Semakin sering seorang suami mengabaikan istri, maka lambat laun sang istri juga akan menjadi tidak peduli kepada suaminya. Ini adalah sebuah hukum alam yang pada hakikatnya akan berlaku ketika pihak yang diabaikan membutuhkan perhatian. Dan ketika istri mendapatkan tambatan lainnya, bukan tidak mungkin pertengkaran dan perceraian akan terjadi.

Jika sudah seperti itu, bukan hanya suami & istri saja yang menanggung beban, tetapi juga anak-anak dan keluarga masing-masing akan terbawa-bawa. Maka dari itu para suami, tetaplah melimpahkan perhatian dan kasih sayang anda secara konsisten tanpa mengabaikan nilai-nilai baik serta keharmonisan.

3. Istri Terlalu Pendiam dan Terlalu Mendengar Ucapan Orang Lain

Sifat istri yang pendiam bisa menjadi bumerang dalam kehidupan rumah tangga jika dia membiarkan sifat tersebut mendominasi sifat baik lainnya.

Sifat pendiam sebaiknya dihindari oleh setiap pasangan, dan jadikanlah sifat pendiam sebagai sesuatu yang harus mendapat tempat dan waktunya. Jika anda adalah seorang suami yang menyadari bahwa istri anda memiliki sifat pendiam, cobalah untuk meleburkan diri supaya bisa menjadi pribadi yang mampu memancing keceriaan dan keterbukaan istri anda. Dengan demikian diharapkan suatu hari nanti anda dan pasangan bisa menjalin komunikasi yang positif untuk mewujudkan keluarga yang kekal dan bahagia.

4. Membiarkan Istri Menanggung Beban Sendirian (Kurang Kerjasama Dalam Rumah Tangga)

Saat ini bukanlah sebuah hal yang janggal jika kita seringkali menemukan dalam sebuah rumah tangga ada istri yang menjadi tulang punggung keluarga. Kondisi seperti ini bisa terjadi tanpa mengenal tempat, sebab bisa terjadi di desa maupun di daerah perkotaan.

Seorang istri yang terlalu lama dan dominan menjadi tulang punggung keluarga sangat berpeluang menemukan titik jenuh yang tidak pernah tau kapan datangnya. Dan ketika si istri berada dalam kejenuhan tersebut disertai dengan rongrongan beban pikiran maka keadaan bisa berubah menjadi parah, salah satunya istri akan bersikap tidak peduli kepada suaminya.

Perasaan seorang istri bahwa dirinya selama ini menjadi penopang hidup dalam rumah tangga bisa saja menjadi sebuah momok menakutkan yang seharusnya diwaspadai oleh setiap suami yang berada dalam kondisi kurang menguntungkan ini.

Oleh sebab itu seorang suami disarankan untuk selalu berusaha keras menafkahi keluarga, mengenai hasil akhirnya biarlah Tuhan yang menilai dan mengaturnya. Setidaknya anda sebagai suami sudah menunjukkan tekad dan niat untuk selalu menjadi seorang suami yang bertanggung jawab sekaligus layak untuk dibanggakan oleh istri dan anak-anak.

5. Membiarkan Masalah Berlarut Tanpa Solusi

Perlu diketahui oleh setiap suami yang sedang membaca artikel ini bahwa 4 poin sebelumnya merupakan permasalahan pelik yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab 4 poin sebelumnya memiliki bobot yang sangat berat, baik di dunia maupun di akhirat.

Oleh karena itu keempat problematika di atas sebaiknya segera diantisipasi dengan solusi yang baik, tepat, bijaksana dan adil tanpa mengabaikan nilai-nilai kekeluargaaan, kasih sayang, simpati dan kehangatan layaknya hubungan suami istri yang senantiasa menginginkan suasana bahagia dan harmonis serta sejahtera sepanjang masa.

Dan itulah poin penutup artikel bertajuk kenapa istri tidak mempedulikan suami. Kami berharap semoga artikel ini bisa memberikan tambahan wawasan, pengalaman, pengetahuan, inspirasi dan ide kepada kita semua. Amin.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan atensi anda. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.